Selasa, 09 Februari 2010

Bahan Pengubah Warna yang Cepat Memacu Peningkatan Kualitas Kaca Mata Hitam

Para peneliti di Jepang melaporkan adanya pengembangan baru yang disebut bahan “photochromic” yang merubah warna ratusan kali lebih cepat dari pada bahan konvensional saat terekspos pada sinar. Pengembangan ini dapat mengarahkan pada cakupan luas dari produk baru termasuk meningkatkan kualitas kaca mata hitam, komputer yang lebih bertenaga, hologram dinamis, dan bidang medis yang lebih baik, kata peneliti.

Pada studi barunya, Jiro Abe dan para koleganya menerangkan bahwa bahan photochromic paling terkenal dengan lapisan tidak tembus pandang yang ditemukan di kebanyakan lensa – lensa kaca mata hitam mahal, yang berubah warna saat terekspos pada sinar matahari. Dalam beberapa tahun, para peneliti telah menyelidiki kemungkinan penggunaan bahan yang tidak biasa tersebut untuk penyimpanan data optikal pada komputer dan sebagai “molecular switches” untuk pengiriman obat – obatan yang lebih terkontrol. Bahan photochromic konvensional, bagaimanapun juga, cenderung secara relative lambat beraksi (sepuluh detik sampai beberapa jam) dan tidak stabil, yang menghambat penggunaan mereka untuk kebanyakan aplikasi yang maju, jelas para ilmuwan.

Para ilmuwan menjelaskan pengembangan bahan photochromic yang unik ini yang menunjukkan Kolorisasi yang sangat instan terhadap pencahayaan pada sinar ultraviolet dan kehilangannya dalam waktu sepuluh milidetik saat sinar dimatikan. Kecepatan dekolorisasinya seribu kali lebih cepat dari pada bahan konvensional. Bahan ini juga lebih stabil dan tahan lama, catat mereka. Dalam studi di laboratorium, para ilmuwan menunjukkan bahwa bahan baru secara instan dapat merubah dari tanpa warna menjadi biru dimana keduanya dalam bentuk padatan dan larutan saat mereka mengekspos molekul – molekul ke sinar ultraviolet, dan kembali secara cepat pada bentuk tanpa warna saat sinar dimatikan.

Pengembangan ini membuka pintu pada teknologi futuristik “dengan pengubahan kecepatan yang tidak terbayangkan sebelumnya dan kestabilan yang menajubkan,” catat artikel tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar